• 0274-374200
  • admin@poltekkesjogja.ac.id

COVID-19: Tantangan bagi Mahasiswa ATLM

COVID-19: Tantangan bagi Mahasiswa ATLM

Covid-19 merupakan topik yang menjadi perhatian dunia. Beberapa negara melaporkan angka kasus di negara masing-masing dan memperingatkan negara lain agar dapat melakukan upaya untuk memperlambat laju penyebaran penyakit tersebut. Hal yang dikhawatirkan adalah meningkatnya angka kasus pada waktu yang bersamaan sehingga tenaga kesehatan dan kapasitas rumah sakit tidak mencukupi. Salah satu tenaga kesehatan yang disiapkan untuk menghadapi meningkatnya kasus Covid-19 adalah Ahli Tenaga Laboratorium Medis (ATLM). Bersama tenaga kesehatan yang lain, ATLM dapat berperan dalam pengambilan dan pengolahan sampel yang diperiksa. Kepala Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Bapak Prof.dr.H.Abdul Kadir, Sp.THT.,KL(K),Ph.D.Mars. memberikan apresiasi kepada Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang bersama PATELKI telah berkontribusi dalam melawan Covid-19.

Seiring dengan apresiasi yang diberikan, Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta turut mempersiapkan mahasiswa calon ATLM dengan menyelenggarakan webinar dengan tema “COVID-19: Tantangan bagi Mahasiswa ATLM”. Webinar telah dilaksanakan pada Sabtu, 6 Juni 2020 pukul 09.00-12.00 dengan sambutan oleh Bapak Subrata Tri Widada, SKM, M.Sc. selaku ketua jurusan dan dibuka oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Bapak Joko Susilo, SKM, M.Kes. Webinar diikuti oleh mahasiswa ATLM dari institusi pendidikan baik Polkesyo maupun non-Polkesyo, ATLM yang telah bekerja di puskesmas, dan ATLM yang telah bekerja di rumah sakit.

Narasumber pertama pada webinar tersebut adalah Ibu Siti Nuryani, S.Si., M.Sc. yang merupakan dosen sekaligus Kaprodi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Beliau menyampaikan materi tentang “Tinjauan Virologis Covid-19”. Secara menarik, narasumber menjelaskan tentang ciri virus, patogenitas, transmisi, dan diagnosa laboratorium.

Narasumber kedua adalah Bapak Yulianta, SST. yang bekerja di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan Dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPPYogyakarta. Balai tersebut termasuk salah satu institusi resmi yang ditunjuk pemerintah dalam menerima sampel Covid-19. Beliau menyampaikan materi tentang “Penggunaan APD dan Proses Pengambilan Sampel Covid-19”. Bapak Yulianta menjelaskan tentang jenis-jenis Alat Perlindungan Diri (APD), cara menggunakan APD dan melepasnya sesuai standar. Selain itu, narasumber juga memberikan deskripsi yang sangat jelas tentang cara pengambilan sampel untuk diperiksa, salah satunya melalui nasofaring. Cara pengolahan sampel juga disampaikan secara apik.

Narasumber ketiga adalah Bapak Farid Abdullah, Amd.AK. yang merupakan ATLM di Laboratorium Patologi Klinik FKKMK UGM. Beliau menyampaikan materi tentang Teknik Diagnostik Covid-19. Narasumber memaparkan tentang uji serologi dengan mendeteksi Antibodi IgM anti-SARS-CoV-2 dan Antibodi IgG anti-SARS-CoV-2 atau sering disebut dengan pemeriksaan cepat (Rapid Test). Diagnosa pasti Covid-19 dilakukan dengan teknik molekuler, yaitu dengan Real-time PCR, Teknik Cepat Molekular (TCM), atau Sequencing untuk kepentingan riset. Narasumber juga mendeskripsikan deteksi Covid-19 dengan cara kultur virus (harus dilakukan di fasilitas laboratorium khusus BSL3). Selain itu, deteksi juga ditunjang dengan pemeriksaan menggunakan mikroskop electron.

Acara webinar Jurusan Analis Kesehatan (JAK) Polkesyo ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat umum dan mahasiswa ATLM pada khususnya.tentang informasi seputar virus SARS-CoV-2, pengambilan sampel, dan diagnostiknya. Materi webinar JAK dapat diunduh pada link berikut https://s.id/materiwebinarjak. Video rekaman dapat dilihat pada channel Youtube Polkesyo Journal dengan link https://youtu.be/rdrpTDkTLzs. (dee)

adminanalis

Leave your message