• 0274-374200
  • admin@poltekkesjogja.ac.id

Diskusi tentang Publikasi Penelitian dalam J-TaLk

Diskusi tentang Publikasi Penelitian dalam J-TaLk

Jurnal Teknologi Kesehatan atau sering disebut dengan JTL merupakan jurnal yang dimiliki oleh Jurusan Analis Kesehatan. Saat ini, JTL sudah termasuk dalam SINTA 2. Pengelola JTL memiliki keinginan untuk berkembang bersama dengan para dosen, PLP, peneliti dalam lingkup ataupun di luar Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Salah satu program yang digagas adalah J-TaLk yang sudah terselenggara dua kali dalam tahun ini. J-TaLk terbaru diadakan pada Senin, 31 Agustus 2020 pukul 09.00-12.00 melalui aplikasi zoom meeting. Tema yang diangkat adalah “Sukses Publikasi di Jurnal Terakreditasi”.

J-TaLk dikemas dalam diskusi santai namun sarat akan informasi. Ada tiga pembicara yang mengawal diskusi pagi ini. Pembicara pertama adalah Budi Setiawan, M.Sc. yang memaparkan materi tentang “How to Write a Good Paper”. Pemateri mengingatkan bahwa publikasi bukan hanya sekedar untuk menggugurkan tugas tri dharma bagi dosen. Dalam pemaparannya, Budi berbagi tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis artikel yang baik. Beliau juga menambahkan beberapa hal yang menyebabkan tertolaknya suatu artikel pada suatu jurnal.

Pembicara kedua adalah Menik Kasiyati, M.Imun yang membawakan materi tentang “Research on Immunology”. Pemateri menyampaikan bahwa dunia Imunologi sangat luas, dapat diintegrasikan dengan ilmu-ilmu yang lain. Menik mengkolaborasikan antara Imunologi dan Bakteriologi dalam penelitiannya, khususnya tentang Prebiotik dan Probiotik. Menik memastikan bahwa masih banyak peluang yang dapat digarap oleh para peneliti dalam kegiatan kolaborasi.

Pembicara ketiga adalah Dora Dayu Rahma Tursita, M.Pd. yang memaparkan materi tentang “Easy Writing with Mendeley”. Secara apik dan runtut, Dora menyampaikan tentang Mendeley, manfaat, dan cara mengoperasikannya. Bahkan, Dora mendemonstrasikan setiap langkah yang harus dilakukan sehingga peserta dapat lebih memahami materi dengan baik.

Diskusi antara peserta dan pembicara berlangsung dengan menarik, ditambah dengan sharing info berdasarkan pengalaman masing-masing. Bahkan, ada peserta yang akan diskusi lebih lanjut di luar agenda J-TaLk untuk lebih memperkaya informasi. Kegiatan J-TaLk hari ini bisa dilihat juga pada alamat https://www.youtube.com/watch?v=HMo6JpURU5k . Salam Publikasi. (dee)

Budi Setiawan,M.Sc. dalam menyampaikan materi pertama
Menik Kasiyati, M.Imun. dalam memaparkan topik Research on Immunology
Dora Dayu Rahma Turista,M.Pd. dalam memandu cara menulis artikel dengan memanfaatkan Mendeley

adminanalis

Leave your message