National Polytechnic English Olympics (NPEO)  yang ke 8 tahun 2021. NPEO merupakan kompetisi di bidang kompentensi Bahasa Inggris bagi mahasiswa Politeknik se-Indonesia. Terdapat empat kategori yang diperlombakan yakni Speech, Storytelling, Newscasting, dan juga Debate. NPEO ke 8 diikuti 327 peserta dari 51 politeknik negeri dan swasta dari seluruh Indonesia.

Pada Kompetisi tersebut Poltekkes Kemenkes Yogykarta Mengirimkan 3 tim salah satunya mahasiswa Jurusan Analis Kesehatan pada perlombaan Debate atas nama Kori Kharisma Rini dari Prodi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis yang berpasangan dengan Dzul Fadhla dari Jurusan Keperawatan. Pada perlombaan tersebut mendapatkan juara harapan 1 pada katagori Master (utama). Secara umum Poltekkes Kemenkes Yogyakarta menempati peringkat 10 berdasarkan poin dari keseluruhan perlombaan.

Perdebatan tersebut menggunakan sistem parlementer Inggris. Non-debat meliputi casting berita, story-telling, pidato dan menulis. Tema NPEO ke 8 adalah “Gaining Language Competence for Better life”. Sedangkan pelaksanaan kegiatan dalam 2 tahap yakni dummy rounds (23-26 Mei 2021) dan lomba (14-18 Juni 2021).

NPEO bertujuan mempererat persatuan dan kesatuan Republik Indonesia dengan membangun kebersamaan dan kekeluargaan antar Politeknik di seluruh Indonesia. Selain itu sebagai salah satu upaya dalam rangka mencerdaskan bangsa dengan cara melatih kognitif mahasiswa untuk menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas melalui proses berpikir dan bertindak cerdas .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *